Ini Dia Situs Palugada soal Indonesia, Indonesia.go.id !

Scroll down to content

Sedari dulu zaman ngeblog masih digdaya, saya bertanya-tanya kapan mau ada situs yang secara komprehensif bisa ada di Indonesia. Dulu, menemukannya sangat sulit karena harus mengubek satu per satu situs lembaga dan kementerian. Tak jarang, data antara satu lembaga/kementerian berkonflik dengan yang lainnya, sehingga jadi problem besar bagi kita saat mengutip.

Pernah ada dalam ingatan saya, goodnewsfromindonesia, namun sayangnya situs ini lebih tepatnya disebut buatan relawan. Isinya juga bergantung kepada momen, yaitu saat ada pengumuman prestasi Indonesia di dunia internasional. Sementara kalau sekedar mau tahu hasil bumi di Riau, lalu mencari tarian tradisional, kemudian mencari potensi bisnis, mau tidak mau kita harus berputar-putar.

“Harusnya ada satu situs portal lengkap mengenai Indonesia yang bisa dijadikan rujukan untuk segala hal,” demikian pikir saya waktu itu.

Inilah yang kemudian dibuat oleh kemkominfo, bekerja sama dengan KSP, yang diwujudkan dengan sebuah portal Palugada, alias Apa Lu Mau Gua Ada. Kita tidak lagi dipusingkan bertukar situs ke sana ke mari, terutama saat mencari hal-hal khas dan detail mengenai Indonesia. Tinggal copy paste linknya, langsung bisa menjadi rujukan atau bahan posting di media sosial. Sebuah portal lengkap bernama Indonesia.go.id

Profesor Rheinald Kasali ikut menjelaskan relaunching portal indonesia.go,id ini. Tahun 2018 ini, menurutnya,  Indonesia sudah berada pada tahap Branding karena dunia sudah membicarakan Indonesia dng Asian Games dan Annual Meeting IMF -WB. Ia juga sekalian menjelaskan tentang Kampanye, PR dan Branding. Menteri Kominfo, Rudiantara, juga tak kalah dalam menjelaskan, “untuk membangun berbanding kuat di era media digital termasuk Indonesia dibutuhkan strategi2 yang jelas dan terukur,” katanya.

Sementara menurut Bu Niken, Dirjen IKP, segala macam informasi bisa muncul di indonesia.go.id. Namun yang paling menarik menurut saya adalah counter hoax. Selama ini hoax muncul sporadis dan dibantah secara sporadis pula, yang tentunya merepotkan kita untuk mencarinya. Sebelumnya sudah ada JokowiFAQ dan turnbackhoax, namun keduanya juga bukan media resmi lansiran pemerintah. Jika Indonesia.go.id bisa menyediakan secara kontinu dan masif, tentu hoax akan lebih cepat tamat riwayatnya..

Akhir kata, inisiatif merelauch kembali indonesia.go.id dengan format baru, bukan sekedar memoles tampilannya, sangat perlu didukung. Supaya masyarakat kita bisa lebih mencintai Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: